"TERWUJUDNYA SEKOLAH TANGKAS (TAQWA, AKHLAQ MULIA, SENANG, KREATIF DAN CERDAS) SERTA BERBUDAYA LINGKUNGAN SAMPAI TAHUN 2026"
A. MISI
Menanamkan keimanan dan ketakwaan melalui pengamalan ajaran agama.
Mengoptimalkan proses bimbingan dan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
Mengembangkan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan minat, bakat, dan potensi peserta didik.
Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiasaan, kewirausahaan, dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan.
Menjalin kerjasama yang harmonis antar warga sekolah, dan lembaga lain yang terkait.
Meningkatkan professionalisme tenaga pendidik dan kependidikan, serta disiplin seluruh warga sekolah.
Mempersiapkan siswa mengikuti berbagai lomba akademik dan non akademik .
Menumbuhkan minat baca dan menulis (budaya literasi)
Mengedepankan kebersamaan dalam mewujudkan kesejahteraan warga sekolah.
Melestarikan lingkungan sekolah yang sehat dan berbudaya lingkungan, serta menciptakan suasana sekolah ramah anak dan bebas bullying
B. TUJUAN SEKOLAH
Mengacu pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan dasar, tujuan pendidikan di SMPN 2 Luragung secara umum adalah memberikan bekal kemampuan dasar untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, keterampilan serta kepribadian dan akhlak mulia, yang bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat dan warga negara sesuai dengan tingkat perkembangannya, serta mempersiapkan siswa untuk melanjutkan sekolah dan atau hidup mandiri dalam masyarakat.
Tujuan sekolah dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut.
Mengembangkan budaya sekolah yang religious melalui kegiatan keagamaan.
Semua kelas melaksanakan pendekatan pembelajaran aktif dan menyenangkan pada semua mata pelajaran.
Mengembangkan berbagai kegiatan dalam proses belajar di kelas berbasis pendidikan karakter dan profil pelajar Pancasila.
Memanfaatkan dan memelihara fasilitas yang mendukung proses pembelajaran berbasis TIK.
Menjalin kerjasama dengan lembaga lain dalam merealisasikan program sekolah.
Meningkatkan peserta didik yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik, serta mutu lulusan yang berkompetensi, berprestasi, aktif, kreatif, inovatif,mandiri dan berkompetitif.
Meningkatkan profesionalitas tenaga pendidik dan kependidikan dan kesejahteraannya.
Meningkatkan dan mewujudkan iklim sekolah yang kondusif, aspiratif dan kooperatif dalam rangka mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki sekolah.
C. INDIKATOR
1. Takwa
100% warga sekolah berperilaku religius yaitu taat dan patuh dalam menjalankan ajaran agama/kepercayaan yang dianutnya dan menjauhi larangan-Nya
100% siswa membiasakan perilaku religious di sekolah dalam berdoa, mengucapkan dan menjawab salam, sholat wajib dan sunnah dhuha, membaca Alquran dalam program tilawah Alquran 30 juz dan pembacaan surat pendek juz 30 sebelum jam pelajaran dimulai.
Bersikap toleran dan menjaga kerukunan hidup antar pemeluk agama/kepercayaan
2. Akhlak Mulia
Suka menolong, berempati dan berkepedulian sosial dan lingkungan.
Membiasakan budaya antri.
Membiasakan 5 us ( hati harus tulus, ibadah harus bagus, hidup harus lurus, ikhtiar harus serius, taubat terus menerus.)
Membiasakan budaya 5 S ( Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun).
Membiasakan budaya 3 M ( mulai dari diri sendiri, mulai dari hal kecil, mulai sekarang juga).
3. Senang
Menunjukkan hati, sikap,perilaku dan ucapan yang menyenangkan, bahagia,ceria,tidak ada keterpaksaan.
Siswa mengikuti pembelajaran yang menyenangkan dan mengerjakan tugas dengan ikhlas atas kesadaran sendiri
Menciptakan sekolah ramah anak dan bebas bullying
3. Kreatif
Siswa memiliki ide, gagasan dan hasil karya inovatif dan kreatif
Menyalurkan dan mengembangkan siswa sesuai potensi, bakat, minat dan hobinya dengan menumbuhkan keberanian dan rasa percaya dirinya.
Memiliki inspirasi dan motivasi dari masalah-masalah nyata yang dilihatnya
Cerdas
Siswa memilikikemampuan memperoleh dan menerapkan pengetahuan, informasi dan keterampilan
Siswa mampu mengendalikan emosi sehingga dapat bersikap baik pada diri sendiri dan orang lain
Siswa mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan dapat mengambil keputusan dengan tepat
Siswa dapat bekerja keras dan berfikir cerdas
D. STRATEGI
Menanamkan kebiasaan untuk melakukan ibadah dalam kehidupan siswa baik di sekolah maupun di rumah
Membekali guru dan tenaga kependidikan lainnya dengan kemampuan di bidang pekerjaannya dan teknologi informasi untuk menunjang tugas-tugasnya melalui diklat
Melaksanakan pembelajaran yang berkualitas berbasis iptek dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
Mengupayakan peningkatan keterampilan yang dimiliki siswa agar percaya diri dan dapat hidup mandiri
Mengikutsertakan siswa dalam berbagai lomba akademik dan non akademik yang diselenggarakan di tingkat kecamatan sampai tingkat nasional
Melibatkan masyarakat/komite sekolah secara porporsional dan professional dalam mengembangkan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi program-program sekolah
Menyediakan dan melengkapi sarana dan prasarana berdasarkan analisis kebutuhan dan disesuaikan dengan anggaran yang ada melalui kerjasama dengan komite sekolah, orang tua peserta didik dan pemerintah
Menjaga kebersihan, keindahan dan kerindangan lingkungan sekolah dengan melibatkan seluruh warga sekolah agar tercipta suasana aman, nyaman, dan menyenangkan
Mengoptimalkan kegiatan pengembangan diri siswa dan ekstra kurikuler keagamaan, pramuka, PMR, seni budaya dan olahraga.